AKURAT.CO, Nama Turah Parthayana mendadak jadi perbincangan di media sosial. Sebab, akun Twitter @sandi_sa119 membagikan sebuah utas dengan menyebutkan bahwa YouTuber yang kuliah di Rusia ini diduga melakukan pelecehan seksual pada teman perempuannya sesama mahasiswa Indonesia.

Sebenarnya, siapa sosok Turah Parthayana ini? Bagi yang sering menjelajahi dunia vlog di channel YouTube pasti tidak asing dengan pemuda asal Denpasar, Bali ini. Turah Parthayana dikagumi karena sosoknya yang inspiratif dan sering membagikan pengalaman mendapat beasiswa sambil memotivasi anak muda.

Ia pun kerap membuat konten bersama YouTuber lainnya yang juga mahasiswa Indonesia di luar negeri, seperti Jerome Polin dan Leonardo Edwin. Yuk simak sederet fakta menariknya dihimpun AKURAT.CO berikut.

1. Mahasiswa asal Bali

Instagram/turahparthayana

Pemilik nama lengkap Ida Bagus Ngurah Parthayana ini merupakan anak bungsu dari empat bersaudara yang lahir pada 7 September 1997. Ayah dan ketiga kakaknya memiliki profesi di bidang bisnis properti dan konsultan pajak.

2. Aktif di dunia seni

Instagram/turahparthayana

Sedari kecil Turah Parthayana sangat menyukai bidang seni. Kecintaanya pada dunia seni ia geluti sampai sekarang. Semasa sekolah Turah termasuk siswa yang aktif mengikuti segala jenis acara seni, seperti teater dan pembuatan film.

3. Bermimpi menjadi aktor dan sutradara

Instagram/turahparthayana

Saking cintanya dengan dunia seni peran, Turah bercita-cita ingin menjadi aktor dan sutradara. Sayangnya setelah lulus SMA keinginan Turah ingin melanjutkan pendidikan di IKJ ditentang oleh sang ayah. Kakak dan ayahnya menginginkan Turah untuk kuliah di luar negeri mengambil jurusan bisnis.

4. Beasiswa ke Rusia

Instagram/turahparthayana

Turah Parthayana mulai dikenal karena berhasil mendapatkan beasiswa kulia di Rusia. Setelah dilarang oleh ayahnya masuk ke IKJ, Turah melanjutkan pendidikan di kota kecil di Rusia, Tomsk. Cowok yang menyebut dirinya ‘Ayahanda’ ini mengambil jurusan Manajemen Bisnis di Tomsk State University Rusia.

5. Content creator YouTube

Instagram/turahparthayana

Namanya semakin dikenal setelah menjadi conten creator di YouTube dan mengunggah kehidupannya sebagai mahasiswa di Rusia. Ia juga kerap mengunggah beragam jenis konten, mulai dari kehidupan sehari-hari, sistem pendidikan di Rusia, sampai film yang dibuatnya. Hingga kini Turah telah memiliki 1,26 juta subscribers di YouTube.

Nah itulah sederet fakta menarik mengenai YouTuber Turah Parthayana.[]