6 Tips Sukses Raih Beasiswa Luar Negeri

– Memutuskan untuk melanjutkan sekolah di luar negeri bukan hal mudah. Banyak yang perlu dipertimbangkan sebelum akhirnya yakin bersekolah di negara asing. Tak hanya kendala bahasa, perbedaan waktu, cuaca, tradisi, budaya, tapi sebelum itu semua, tentu tak mudah mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri.

Tak perlu stres karena semakin awal mencari informasi serta memulai proses aplikasi akan semakin tinggi kesempatan untuk diterima di universitas impian. Dilansir Masters Portal, berikut ini beberapa tips untuk mendapat beasiswa baik di Inggris, Prancis, Jerman, Swedia, Amerika Serikat ataupun China.

1.Perluas sudut pandang

Meski telah punya tujuan jelas ingin menjadi siswa di universitas tertentu, selalu yang terbaik dan paling bijak adalah untuk melamar setidaknya di tiga universitas meski mereka ada di lokasi berbeda di luar negeri.

2.Realistis dan cari informasi

Cek dan baca syarat akademis dengan hati-hati untuk mengetahui kemungkinan diterima di universitas impian. Jika tidak jelas tentang persyaratan yang diminta, coba hubungi bagian mahasiswa internasional atau penasihat dari universitas.

3.Permudah proses aplikasi

Biasanya, aplikasi bisa dikirim langsung melalui website universitas dan mengunggah semua dokumen yang diperlukan atau mengirimnya melalui pos. Di beberapa negara bahkan bisa mengirim aplikasi melalui platform online tertentu yang lebih mudah digunakan dan memberi kemungkinan untuk melamar ke beberapa universitas sekaligus. Studyportals misalnya bisa melamar ke jenjang impian di universitas impian.

4.Jangan dicampur

Saat mengirim aplikasi ke banyak universitas, pastikan mengikuti langkah yang tepat dan menempatkan nama universitas yang diinginkan dengan urutan pilihan.

5.Tulis sendiri surat motivasi

Beberapa universitas akan meminta sebuah surat motivasi. Akan ada banyak contoh yang bisa ditemukan di internet dan bagaimana rupa surat tersebut. Tapi akan lebih baik jika sedikit lebih menonjol. Jadi cobalah untuk sebisa mungkin lebih jujur, dan bagikan semua pengalaman yang berkaitan dengan yang diperlukan akademis serta program studi ke depannya.

6.Hati-hati dengan dokumen

Semua dokumen harus diterjemahkan dalam bahasa resmi dari negara yang dituju dan disahkan secara hukum oleh pihak berkompeten. Perlu diingat bahwa beberapa negara memiliki syarat khusus atau aturan untuk siswa internasional mereka. (rna)