Beasiswa Pelatihan YOUCAN (Youth Center to Act for Nations) “Milenial Mengabdi” di Batam dan Singapura 2020

Program YOUCAN (Youth Center to Act for Nations) “Milenial Mengabdi” merupakan gerakan kalangan milenial untuk melakukan sebuah gebrakan dalam pengabdian masyarakat di daerah terluar Indonesia. Selain pengabdian masyarakat, program ini akan diperkaya peningkatan wawasan dan kapabilitas bertaraf internasional dalam satu rangkaian acara.

Dalam program ini, pelatihan juga akan berkolaborasi dengan mitra-mitra YOUCAN di Singapura untuk memperkaya wawasan dan kapabilitas dalam pemberdayaan masyarakat di konteks global. Dari situ para peserta kemudian diharapkan mampu merealisasikan perubahan ke arah yang lebih baik di bidang sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan kepada wilayah-wilayah Indonesia di perbatasan, khususnya di Batam , Provinsi Kepulauan Riau.

Tahun ini Pulau Buluh menjadi sasaran beasiswa pelatihan program pengabdian masyarakat. Pulau Buluh merupakan pulau berukuran kecil di sebelah barat Pulau Batam. Dengan luas kurang lebih sekitar 5,5 kilometer persegi, Pulau Buluh tergolong padat penduduk dihuni 800-an lebih kepala keluarga yang berasal dari berbagai suku. Terdapat pembangkit listrik dari PLN di pulau ini yang tidak menerangi pulau secara 24 jam.

  1. Transportasi pergi pulang dari titik keberangkatan di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Pontianak, Padang, Medan dan Batam.
  2. Program pelatihan community development di Singapura.
  3. Pertukaran budaya asing di Singapura.
  4. Tur studi ke National University of Singapore (NUS) dan tur kota ke Singapura.
  5. Transportasi dari Singapura menuju P. Buluh
  6. Sarana dan prasarana Program Pemberdayaan Masyarakat di P. Buluh, Batam .
  7. Akomodasi dan Konsumsi di Singapura dan P. Buluh, Batam.
  8. Pendampingan pelaksanaan program.
  9. Sertifikat program dan seragam serta atribut.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia berusia 15-30 tahun
  2. Memiliki keterampilan leadership terhadap interpersonal dan intrapersonal, komunikator yang handal, percaya diri, bisa saling memahami, dan mempunyai orientasi tujuan yang bernilai kemanfaatan bagi masyarakat.
  3. Siap menempa diri, percaya terhadap skill orang lain, mampu belajar dan berbagi untuk kepentingan bersama, memiliki inisiatif, dan bertanggung jawab atas diri sendiri dan team.
  4. Mempunyai keterampilan dalam memetakan masalah dan memecahkan masalah dalam team dan masyarakat.
  5. Bersedia bertanggung jawab dalam menjaga optimalisasi pelaksanaan program serta nama baik diri sendiri, organisasi dan negara.

Rangkaian Kegiatan Pelatihan

  1. Focus Group Discussion (FGD) dengan warga dan para tokoh masyarakat setempat untuk mendapatkan informasi serta gambaran yang komprehensif terkait sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan setempat.
  2. Kunjungan ke lokasi unggulan yang merupakan peluang bagi masyarakat Pulau Buluh, Batam .
  3. Observasi partisipatif terhadap kegiatan sehari-hari masyarakat, sehingga muncul gambaran konkret akan budaya warga setempat
  4. Melakukan gebrakan baik bersifat inovatif, kreatif, serta edukatif, sehingga mampu dikenang dan tak terlupakan dari kalangan Millennial untuk warga di Pulau Buluh, Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
  5. Meningkatkan daya kreatifitas dan inovatif masyarakat untuk menangkap peluang-peluang di bidang ekonomi.
  6. Mengembangkan pengetahuan dan informasi masyarakat terkait percepatan kemajuan zaman.
  7. Melaksanakan sosialisasi untuk penyadaran akan pentingnya kesehatan kepada masyarakat.
  8. Menjalankan kegiatan cinta lingkungan bersama masyarakat dan melakukan evaluasi serta sosialisasi hasil pengabdian kepada masyarakat.

Informasi lengkap mengenai ketentuan dan syarat lain serta tautan laman pendaftaran beasiswa pelatihan ini dapat dilihat melalui: http://youcan.or.id/ymm2020/