Beasiswa Penuh S2 di Uni Eropa – Beasiswa Erasmus Plus

Pernahkah kamu membayangkan, melanjutkan studi S2 gratis ke Eropa dan kuliah tahun pertama di Aarhus University, Denmark, lalu tahun kedua di University of Hamburg, Jerman?

Kuliah di 2 universitas di 2 negara anggota Uni Eropa bukan sekadar impian bila kamu lolos dalam program beasiswa Erasmus + (Erasmus Plus). “Bahkan, ada alumni yang kuliah S2 selama 2 tahun di 7 kampus berbeda di Uni Eropa,” papar perwakilan Erasmus + dalam seminar Holland Scholarship Day yang berlangsung di Erasmus Huis, Jakarta.

Lebih lanjut dijelaskan, program beasiswa luar negeri dari Erasmus + diselenggarakan oleh Konsorsium Universitas-universitas di Eropa dan menawarkan beragam jenis beasiswa, salah satunya beasiswa S2 Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD).

EMJMD memungkinkan kamu memilih salah satu dari 130 program studi (prodi) pilihan di universitas pilihan dengan masa kuliah 1-2 tahun. Beasiswa S2 luar negeri ini juga menawarkan kemungkinan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja di sejumlah negara Eropa sambil menyelesaikan gelar.

Cakupan

  1. Beasiswa ini memberikan bantuan penuh untuk biaya pendidikan, akomodasi, biaya hidup bulanan, biaya perjalanan, bahkan biaya untuk traveling keliling Eropa, serta biaya lain yang terkait dengan perkuliahan.
  2. Jumlah bantuan yang diberikan untuk program S2 sebesar 24 ribu Euro untuk satu tahun, setara dengan Rp 363 juta. Atau sebesar 48 ribu Euro untuk dua tahun.

Syarat

  1. Lulusan S1 Sederajat.
  2. Mendaftar ke Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD).
  3. Terbuka untuk siswa dari negara-negara yang terdaftar oleh Erasmus Mundus, salah satunya Indonesia.

Cara mendaftar

  1. Pendaftaran beasiswa Erasmus Plus dibuka antara bulan Oktober hingga Desember.
  2. Peserta yang akan mendaftar Erasmus + boleh memilih maksimum 3 program Pasca Sarjana Erasmus + di universitas di negara-negara Uni Eropa.
  3. Persyaratan dokumen langsung dikirimkan ke universitas bersangkutan, tidak perlu kirim ke Uni Eropa.

Dokumen yang harus dikirimkan ke universitas pilihan:

  1. Formulir aplikasi.
  2. Daftar riwayat hidup/ CV Europass.
  3. Ijazah dan transkip dilegalisir.
  4. Surat motivasi (motivation letter).
  5. Surat rekomendasi.
  6. Sertifikat kemampuan bahasa (IELTS).
  7. Dokumen tambahan: Proftfolio.

Tahapan

Program beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree dibuka setiap tahun dengan tahapan:

  1. Pembukaan pendaftaran: Oktober – Desember
  2. Proses seleksi: Desember – Februari
  3. Persetujuan oleh Komisi Eropa di Brussels: April – Mei
  4. Pengumuman kelulusan kepada peserta: Mei
  5. Keberangkatan: Agustus – September

Untuk informasi lebih lanjut seputar pendaftaran, pilihan program studi dan universitas, peserta dapat mengirimkan email melalui delegation-indonesia-erasmus-mundus@eeas.europa.eu atau mengakses www.nesoindonesia.or.id.