Ada kabar baik nih buat kamu mahasiswa S1 di Indonesia. Tanoto Foundation membuka kembali pendaftaran beasiswa 2021 lewat Program Beasiswa dan Kepemimpinan TELADAN 2021. Beasiswa ini ditujukan buat kamu yang baru menempuh semester pertama studi S1 di beberapa perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa berprestasi dan memiliki potensi kepemimpinan yang mumpuni, unggul serta bertanggung jawab. Nah, jika kamu merasa sudah sesuai dengan kriteria yang dimaksud, kamu bisa melakukan pendaftaran online Beasiswa Teladan Tanoto Foundation 2021 mulai dari sekarang.

Beasiswa Tanoto Foundation 2021 terbuka untuk berbagai disiplin ilmu. Asalkan pelamar merupakan mahasiswa dari universitas mitra yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation.

Banyak kelebihan dan manfaat yang ditawarkan oleh Tanoto Foundation bagi penerima beasiswa. Diantaranya biaya kuliah penuh mulai semester II sampai dengan semester VIII (delapan). Uang kuliah akan ditransfer ke rekening Perguruan Tinggi. Tunjangan bulanan yang ditransfer ke rekening penerima beasiswa, akan dibayarkan sejak perjanjian penandatanganan beasiswa.

Keuntungan lainnya, penerima beasiswa akan mengikuti program pengembangan kepemimpinan yang terstruktur, termasuk dukungan pengembangan karir. Diantaranya:

  • Program Dasar (Building Block 1) untuk melatih nilai-nilai dasar Tanoto Scholars, kemampuan manajerial dasar, pengembangan kepribadian peserta dan merancang bentuk – bentuk kontribusi kepada masyarakat.
  • Program Lanjutan (Building Block 2) untuk lebih mengembangkan kemampuan manajerial, kemampuan presentasi dan komunikasi, program magang dan kontribusi kepada masyarakat.
  • Program Persiapan Karir (Building Block 3) untuk meningkatkan kapasitas individu peserta dalam menghadapi dunia kerja, termasuk kesempatan belajar singkat di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation di luar negeri.

Mitra Perguruan Tinggi Program TELADAN:

  1. Universitas Indonesia, Depok
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Universitas Andalas
  5. Universitas Brawijaya
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Universitas Indonesia
  9. Universitas Riau
  10. Universitas Sumatera Utara

Persyaratan: 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa/i aktif semester I untuk program Sarjana (S1) reguler di perguruan tinggi mitra.
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik di tingkat SMA dan sederajat dengan nilai rata-rata rapor kelas 12 (semester 1 & 2) adalah 8,00 (skala 10).
  4. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pengembangan bangsa.
  5. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik. Kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah .
  6. Mendaftarkan diri secara daring di laman Tanoto Foundation.

Dokumen aplikasi online: 

  • Data diri & orangtua/wali
  • Riwayat Pendidikan, Prestasi, Kegiatan, dan Bahasa
  • Kartu Tanda Mahasiswa resmi atau sementara, atau surat keterangan sebagai mahasiswa aktif yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.

Pendaftaran: 

Pendaftaran beasiswa TELADAN Tanoto Foundation 2021 dilakukan secara online. Siapkan alamat email aktif yang akan digunakan untuk mendaftar. Siapkan pula scan semua dokumen aplikasi yang diminta lainnya di atas.

Berikutnya isi Formulir Pendaftaran dari Tanoto Foundation secara lengkap dan unggah semua dokumen aplikasi yang telah dipersiapkan.

Pendaftaran online beasiswa Tanoto Foundation dibuka mulai 24 Agustus hingga 30 September 2020.

Tahap seleksi:

  1. Pendaftaran daring

Menyiapkan dokumen berikut:

    • Data diri & orangtua/wali
    • Riwayat Pendidikan, Prestasi, Kegiatan, dan Bahasa
    • Kartu Tanda Mahasiswa resmi atau sementara, atau surat keterangan sebagai mahasiswa aktif yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.
  1. Tes daring potensi kepemimpinan

Pendaftar yang lolos tahap I, menyiapkan perangkat berikut:

  • Sesi 1, 3-5 : Komputer atau laptop yang memiliki kamera audio dan koneksi internet yang baik.
  • Sesi 2 : Perangkat dengan Sistem Operasi Android dan koneksi internet yang baik
  1. Wawancara daring

Pendaftar yang lolos tahap II, menyiapkan hal sebagai berikut:

  • Komputer atau laptop yang memiliki kamera & audio
  • Koneksi internet yang baik
  • Ruangan yang tenang

Bagi yang sudah memenuhi kriteria untuk mengikuti proses selanjutnya, akan dihubungi melalui email yang terdaftar. Pengumuman hasil seleksi penerima beasiswa akan disampaikan melalui website Tanoto Foundation (www.tanotofoundation.org). Informasi lebih lanjut juga bisa disimak melalui website Tanoto Foundation tersebut.

Kontak:

Tanoto Foundation

M.H. Thamrin,

no 31 Jakarta 10230

[t] +62 21 392 3189

[e] info@tanotofoundation.org

[w] https://www.tanotofoundation.org