Pemerintah Swiss membuka kembali Swiss Government Excellence Scholarships. Beasiswa internasional yang ditujukan bagi mahasiswa asing di luar Swiss. Khusus Indonesia, Beasiswa Pemerintah Swiss 2021 – 2022 dapat diikuti untuk studi S3, postdoctoral, dan riset.

Kandidat yang terpilih akan memperoleh beasiswa S3 maksimum tiga tahun, beasiswa postdoctoral 12 bulan, dan beasiswa riset 12 bulan. Komponen beasiswa, diantaranya : tunjangan bulanan 1.920 Swiss Franch, bebas biaya kuliah, asuransi kesehatan, lump sum untuk penerbangan di akhir beasiswa, tunjangan khusus perumahan 300 Swiss Franch di awal beasiswa, kartu transportasi umum untuk tarif satu setengah tahun, bimbingan dan kegiatan perjalanan, makan malam dan sejumlah tur wisata.

Pemerintah Swiss melalui Federal Commission for Scholarships for Foreign Students (FCS) memberi kebebasan bagi kandidat untuk memilih studi di 10 universitas di Swiss, 2 institut teknologi, pusat penelitian, maupun universitas-universitas ilmu terapan yang ada di negara tersebut.

Universitas umum:

  • University of Basel
  • University of Bern
  • University of Fribourg
  • University of Geneva
  • University of Lausanne
  • University of Lucerne
  • University of Neuchâtel
  • University of St.Gallen
  • University of Zurich
  • Universita dellà Svizzera italiana.

Institut teknologi:

  • Swiss Federal Institute of Technology Lausanne (EPFL)
  • Swiss Federal Institute of Technology Zurich (ETHZ)
  • Research Institutes of the ETH Domain (PSI; WSL; EMPA; EAWAG)

Lembaga penelitian:

  • Graduate Institute of International and Development Studies (IHEID)

Universitas ilmu terapan (hanya untuk pelamar postdoctoral dan riset):

  • University of Applied Sciences Western Switzerland
  • Bern University of Applied Sciences
  • University of Applied Sciences Northwest Switzerland
  • University of applied Sciences Eastern Switzerland
  • ucerne University of Applied Sciences and Arts
  • University of Applied Sciences and Arts of Southern Switzerland
  • The Zürcher Fachhochschule.

Kriteria dan Persyaratan (S3):

  1. Bergelar master atau setara yang diperoleh sebelum 31 Juli 2021 (sertifikat gelar) yang diakui universitas Swiss. Sebagai bukti, ijazah sudah diajukan ke Federal Commission for Scholarships sebelum mulainya beasiswa.
  2. Pelamar lahir setelah 31 Desember 1985.

3.Pelamar harus menyertakan surat dari profesor akademik tuan rumah (termasuk CV singkatnya) pada universitas Swiss yang dipilih yang mengkonfirmasi mengapa dia mau mensupervisi dan mendukung tesis PhD (pelamar). Tanpa dukungan tersebut, aplikasi akan ditolak.

  1. Jika asisten profesor mendukung pencalonan, profesor penuh yang berhak mengawasi (kandidat) PhD selama beasiswa harus menandatangani surat dukungan.
  2. Pelamar harus memiliki proposal penelitian termasuk masa waktu. Ini adalah inti dari aplikasi. Pelamar harus mencurahkan semua perhatian yang diperlukan untuk itu.
  3. Pelamar harus menguasai keterampilan bahasa yang diperlukan untuk studi / penelitian PhD.
  4. Pelamar yang telah berada di Swiss selama lebih dari satu tahun di awal beasiswa pada bulan September tidak memenuhi syarat. Dokumen referensi jika ada: izin tinggal untuk ditambahkan ke dokumen aplikasi.
  5. Pelamar yang telah menerima beasiswa Pemerintah Swiss sebelumnya tidak berhak lagi mengajukan permohonan beasiswa kedua kalinya.

Ctt: Aplikasi FCS untuk beasiswa PhD dan aplikasi untuk diterima oleh Universitas Swiss untuk studi PhD merupakan dua prosedur terpisah.

Dokumen aplikasi:

  1. Formulir aplikasi FCS 2021/2022 (diketik dan dicetak) disertai foto
  2. Curriculum vitae beserta daftar publikasi akademik, penghargaan, dll
  3. Motivation letter (maksimal 2 halaman)
  4. Proposal penelitian lengkap (maksimal 5 halaman, ditandatangani). (Menggunakan formulir proposal riset FCS)
  5. Salinan konfirmasi surat atau email dari seorang profesor dari perguruan tinggi di Swiss yang menjelaskan mengapa mereka ingin memberikan supervisi dan dukungan tesis PhD. Termasuk CV singkat dari supervisor akademik tersebut.

– Pelamar untuk sekolah doktoral (program doktor):

Selain semua dokumen aplikasi lainnya (termasuk surat dukungan dari supervisor), surat penerimaan dari sekolah doktoral juga diwajibkan bersama berkas aplikasi.

  1. Dua (2) surat rekomendasi dari profesor di bidang pemohon (Menggunakan formulir referensi FCS – dokumen asli dalam amplop tertutup)
  2. Copy ijazah beserta nilai (S1 dan S2) yang telah dilegalisir (Harus diterjemahkan jika aslinya tidak dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, atau Italia)
  3. Surat keterangan sehat (menggunakan formulir keterangan sehat FCS)
  4. Dua copy paspor (halaman utama data pribadi)

*Ctt: Persyaratan dan dokumen aplikasi di atas ditujukan untuk pelamar jenjang doktor (S3). Persyaratan dan dokumen aplikasi untuk pendaftaran beasiswa postdoctoral dan riset bisa diunduh di laman Pemerintah Swiss (www.sbfi.admin.ch).

Pendaftaran:

Formulir aplikasi lengkap beasiswa Pemerintah Swiss 2021/2022 bisa diminta ke Kedubes Swiss melalui email: jakarta@eda.admin.ch

Aplikasi dibuat rangkap 2 (dua). 1 asli dan 1 fotocopy. Kemudian diajukan ke:

Embassy of Switzerland

Jl.H.R. Rasuna Said Kav X3/2-Kuningan

12950 Jakarta

Indonesia

Pendaftaran beasiswa Pemerintah Swiss ini dibuka mulai 10 Agustus 2020 s/d 11 Desember 2020. Kandidat yang lulus berkas akan mengikuti seleksi wawancara yang digelar Kedutaan Besar Swiss, sedangkan Beasiswa akan dimulai 1 September 2021.

Ada dua cara berbeda untuk meraih gelar doktor (PhD) :

Cara pertama adalah menempuh studi doktoral di bawah pengawasan seorang pembimbing akademik (supervisor). Dalam hal ini, penerimaan PhD berlangsung setelah beasiswa dimulai.

Cara kedua adalah diterima di sekolah doktoral, yang memberikan kerangka kerja untuk studi doktoral. Silahkan tanyakan penerimaan kamu langsung di sekolah terkait.

Kontak:

[e] jakarta@eda.admin.ch

[t] 0062 21 525 60 61

[w] https://www.eda.admin.ch/jakarta