Dapat Beasiswa Tapi Jurusan Tidak Diminati, Gimana Ya?

Pantau.com – Program beasiswa memang saat ini sudah banyak. Namun sebagai penerima, tak jarang program itu hanya menyediakan dengan jurusan tertentu saja yang mungkin tidak kita minati.

Tapi sebenarnya lebih baik mana sih, kuliah dengan beasiswa tapi jurusan tidak sesuai, atau jurusan yang sesuai tapi tanpa beasiswa? Menurut Praktisi Ketenagakerjaan Mutiara Pratiwi, calon mahasiswa harus lebih dulu mengenal dirinya.

"Harus tahu yang ingin dicapai. Jangan misalnya ambil beasiswa, ambil saja, tidak memanfaatkan dengan baik. Itu merugikan orang lain, tentunya tidak adil.

Dalam segala sesuatu untuk memahami apa yang ingin dicapai," ujar Mutiara beberapa waktu lalu di Jakarta.

Patokan atas apa yang akan dicapai, kata Mutiara, nantinya akan berguna untuk mempertimbangkan dan mengukur diri, mampukah kita menjalani jurusan yang nanti akan dijalani.

Ia mencontohkan dengan jurusan yang terbatas, namun ia selalu mengembangkan diri di jurusan itu, dapat juga dianggap sebagai solusi.

"Yang membatasi (karir dan pendidikan) kita adalah diri sendiri. Kalau sekolahnya hukum, maka saya bisa jadi lawyer (pengacara). Kalau saya sekolah akuntansi, ya saya jadi Akuntan. Kalau percaya dengan skill yang lain, dia bisa jadi yang lain, Itu keren banget pastinya," jelasnya.

Untuk mengembangkan diri, tak ada salahnya juga mempelajari bidang lain, seperti tulis menulis, presenter, atau bahkan videografi yang belakangan ini booming dengan YouTubers, dan kemasan pembelajaran jadi lebih berkembang.

Namun, kata Mutiara, lagi-lagi jangan memaksakan kehendak. Jika memang kita tidak mampu atau sangat lemah di jurusan itu, sebaiknya tidak mengambil risiko karena berpengaruh pada karir ke depan.

"Bahwa diri tidak mempunyai kemampuan, harus sadar diri kalau misalnya ada beasiswa jurusan ya beasiswa matematika kedepannya akan bagaimana, tapi saya tau nggak kuat dengan angka. Saya harus yang bisa membantu saya untuk berkembang lebih baik," tutupnya.