Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dia 9 Tips Jitunya, Ladies!

Seperti kata pepatah, tuntutlah ilmu setinggi langit. So , tidak heran banyak orang berlomba-lomba untuk mengenyam sekolah di perguruan tinggi bahkan ada juga yang bercita-cita kuliah di luar negeri. Namun, mewujudkan cita-cita tidak semudah membalikkan telapak tangan, biaya pendidikan di jenjang universitas membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi jika kamu bercita-cita menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Terkadang melihat rincian biaya yang begitu banyak membuat kita mati langkah. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti 9 tips mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri ini.

  1. Memiliki Nilai Akademis yang Bagus

Dalam mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri, nilai akademis yang bagus memang sangat dibutuhkan. Oleh karenanya, bagi kamu yang bercita-cita kuliah di luar negeri tanpa biaya atau dengan biaya yang minim, kamu harus memiliki nilai akademis yang bagus. Hal tersebut karena banyak universitas di luar negeri yang mensyaratkan penerima beasiswa memiliki nilai akademis yang cemerlang.

Memang pada dasarnya, nilai akademis di atas kertas tidak menjamin seseorang menjadi benar-benar jenius. Tetapi pencapaian nilai akademis yang cemerlang ini merupakan kunci utama mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Artinya semakin gemilang nilai akademismu maka semakin besar peluangmu untuk mengantongi beasiswa kuliah di luar negeri.

So , tunggu apalagi Ladies , kamu harus rajin belajar untuk mencapai nilai akademis yang bagus. Mulailah fokus belajar dan belajar agar kamu dapat mencapai puncak tertinggi.

Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dia 9 Tips Jitunya 1

2. Berperan Aktif Dalam Kegiatan Organisasi

Perlu kamu tahu, nilai akademis yang bagus bukan merupakan satu-satunya syarat kamu mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Tetapi sebagian besar universitas di luar negeri mensyaratkan calon penerima beasiswa untuk aktif dalam kegiatan organisasi.

Itu artinya jika kamu ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, kamu harus berperan aktif dalam kegiatan organisasi, seperti aktif di organisasi intra sekolah, himpunan mahasiswa atau organisasi sosial lainnya di lingkungan masyarakat sekitarmu. Dengan berperan aktif di organisasi tersebut, menunjukkan bahwa kamu orang yang mudah berinteraksi dengan berbagai lingkungan masyarakat.

3. Menguasai Bahasa Asing

Nah, untuk tips yang ketiga ini mau tidak mau harus kamu miliki karena penting dalam berkomunikasi nantinya. Artinya sangat tidak mungkin kamu dapat bertahan hidup di luar negeri jika kamu tidak belajar bahasa asing.

Kemampuan bahasa asing ini memang sangat dibutuhkan untuk bekal kamu berkuliah di luar negeri baik bahasa asing negara yang akan kamu tuju maupun bahasa internasional atau bahasa Inggris. Untuk kemampuan bahasa Inggris ini, umumnya ada tes yang disebut Test of English as Foreign Language ( TOEFL ) dan International English Language Testing System ( IELTS ). So , kamu harus mempelajarinya demi masa depanmu.

Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dia 9 Tips Jitunya 2

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pihak Terkait untuk Mendapatkan Rekomendasi

Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dia 9 Tips Jitunya 3

Mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri belum bisa kamu dapatkan tanpa adanya rekomendasi dari pihak terkait, seperti: staf pengajar di institusimu atau atasanmu dimana kamu bekerja.

Artinya jika kamu ingin mendapatkan rekomendasi dari pihak terkait, kamu harus dapat menjaga hubungan baik dengan pihak terkait tersebut. Jadi, kamu harus bertingkah laku yang baik agar mudah mendapatkan surat rekomendasi.

5. Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Informatif dan Lengkapi dengan Motivation Letter

Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dia 9 Tips Jitunya 4

Kenyataannya, bukan hanya melamar kerja saja yang membutuhkan curriculum vitae (CV) melainkan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri pun membutuhkan CV. Tujuan dibuatnya CV ini untuk mengetahui performa penerima beasiswa, seperti pengalaman yang kamu miliki, kemampuan apa saja yang kamu miliki serta keterampilan yang kamu miliki.

Selain CV, kamu juga perlu melengkapi pengajuan beasiswamu dengan motivation letter . Motivation letter ini menjadi sangat penting dalam pengajuan beasiswa karena dapat menunjukkan apa alasanmu tertarik belajar di jurusan yang kamu pilih tersebut.

Nah, melihat kedua alasan tersebut, pastinya curriculum vitae dan motivation letter yang kamu buat nantinya harus dapat meyakinkan pemberi beasiswa. Artinya, jika kamu dapat meyakinkan mereka maka beasiswa kuliah di luar negeri menjadi milik kamu.

6. Perbanyak Latihan untuk Interview

Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri? Ini Dia 9 Tips Jitunya 5

Ternyata, interview tidak hanya diperlukan saat wawancara kerja saja, lho. Penyaringan beasiswa ke luar negeri pun membutuhkan tes wawancara atau interview . Interview ini dilakukan setelah kamu lolos tahap administrasi.

Nantinya, kamu akan di-interview oleh pihak pemberi beasiswa. Nah, di tahap interview inilah kebanyakan calon penerima beasiswa tidak lolos. Hal tersebut karena mereka kurang percaya diri hingga akhirnya down . Oleh karenanya, kamu sangat disarankan untuk sering berlatih komunikasi yang baik sebelum menghadapi interview seleksi beasiswa.

  1. Pilih Universitas dan Jurusan yang Kamu Minati

Setelah kamu mempersiapkan mental dan fisik kamu secara matang, selanjutnya kamu dapat menentukan pilihan jurusan dan universitas mana yang kamu inginkan. Memilih jurusan dan universitas yang sesuai minat ini sangat penting supaya kamu dapat menjalani kuliah di negara lain dengan hati damai.

Selain itu, perhatikan juga kredibilitas universitas dan jurusan yang kamu pilih supaya kamu tidak salah dalam menentukan pilihan. Hal tersebut karena kredibilitas dan reputasi universitas berpengaruh juga terhadap kualitas lulusannya.

  1. Lengkapi Persyaratannya

Memang kelengkapan syarat beasiswa kuliah di luar negeri kelihatan sepele. Namun, kamu tidak bisa meremehkannya, karena jika kurang lengkap maka kamu tidak berhasil lolos sebagai penerima beasiswa.

Adapun kelengkapan persyaratan beasiswa ke luar negeri, antara lain: form pendaftaran pengajuan beasiswa, CV, motivation letter , surat rekomendasi sertifikat organisasi dan sertifikat lainnya yang kamu miliki serta dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan. Kamu harus melengkapi semua itu dengan baik.

  1. Jangan Ditunda Lagi, Ajukan Lamaran Beasiswamu Lebih Awal

Seperti kata pepatah, sering menunda-nunda pekerjaan merupakan ciri orang yang yang kurang termotivasi. Hal tersebut juga berlaku dalam pengajuan beasiswa kuliah di luar negeri. Artinya setelah kamu melengkapi persyaratan beasiswa ada baiknya kamu langsung mengajukan lamaran beasiswa saat pendaftaran pertama kali dibuka dan ingat jangan ditunda lagi.

Nah, Ladies . Tersebut di atas adalah 9 tips yang bisa kamu coba untuk diterapkan supaya kamu mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Pada dasarnya, 9 tips tersebut tidaklah sulit asalkan kita dapat melakukannya dengan niat dan bersungguh-sungguh melakukannya. Alhasil, cita-citamu akan tercapai.