Jangan Gampang Percaya! Ini 3 Anggapan Salah Kaprah soal Beasiswa

Meski sekarang sudah bekerja, keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mungkin selalu ada di dalam daftar mimpimu. Bisa kuliah di kampus ternama, mendalami ilmu yang kamu suka, dan kembali menjadi mahasiswa rasanya begitu menyenangkan.

Untuk mewujudkannya, salah satu cara alternatif yang bisa kamu ambil adalah dengan mencari beasiswa. Beasiswa dapat membantu kamu untuk melanjutkan kuliah tanpa harus pusing memikirkan biayanya.

Meski begitu, nyatanya masih banyak yang merasa takut dan enggak mau mencari beasiswa. Alasannya beragam, sih. Tapi tiga anggapan salah kaprah ini yang biasanya menyurutkan niat seseorang untuk mendaftar beasiswa. Apa aja?

Enggak sedikit yang meyakini kalau mereka enggak cukup pintar untuk mendaftar dan mengikuti proses seleksi beasiswa. Padahal ada banyak banget beasiswa yang tersedia, dengan persyaratan yang berbeda-beda. Dengan usaha yang sedikit lebih getol , kamu pasti bisa, deh, menemukan beasiswa yang sesuai dengan kemampuanmu.

Anggapan ini enggak sepenuhnya, salah, sih. Tapi coba, deh, kamu lihat secara lebih luas. Dengan menghabiskan waktu lebih untuk mengerjakan motivation letter, CV, dan berkas-berkas lainnya, kamu sekaligus mempersiapkan diri untuk kesempatan yang lebih besar di masa depan. Terima kasih juga buat teknologi, karena kamu bisa mendaftar ke lebih dari satu tawaran beasiswa. Jadi sambil menunggu proses seleksinya, kamu bisa mendaftar ke beasiswa yang lain.

Sebuah survei yang dirilis laman Top Universities , sebanyak 45 persen orang mengaku kesulitan mencari beasiswa yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini bisa dimengerti, karena emang tawaran beasiswa itu ada banyak banget. Mulai dari beasiswa pemerintah, swasta, sampai yang ditawarkan dari universitas.

Tapi dengan adanya media sosial, sekarang banyak akun yang khusus menginformasikan seputar tawaran beasiswa dalam negeri atau luar negeri. Pilihannya banyak, kok, sekarang terserah kamu apakah mau berusaha untuk mewujudkannya atau enggak. Semangat terus, ya!