Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini!

Kamu ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, tapi masih bingung jurusan apa yang harus diambil? Memilih jurusan merupakan hal yang penting selama kuliah. Jika kamu memilih jurusan yang salah, kamu akan menjalani masa empat tahun yang berat.

Berikut ada beberapa cara atau hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih jurusan perkuliahan.

1. Cari tahu passion -mu

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 1

Photo Credit: Mappedskills

Untuk menentukan jurusan yang tepat, kamu harus mengetahui lebih dulu apa minatmu. Kenali bakat yang ada dalam diri kamu dan ingin kamu kembangkan. Sehingga jurusan yang kamu pilih nanti akan lebih berguna dan kamu akan menjalankannya dengan senang hati.

2. Buat daftar pekerjaan

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 2

Photo Credit: writeworldwide

Setelah mendapatkan gelar dari perguruan tinggi, pasti kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang baik yang sesuai dengan kemampuan yang telah kamu pelajari selama empat tahun dalam perkuliahan. Maka dari itu sebelum menentukan pilihan jurusan buatlah daftar pekerjaan dari jurusan tersebut. Misalnya, jika kamu memilih jurusan komunikasi pekerjaan yang bisa kamu lakukan adalah menjadi produser, editor, reporter, dan sebagainya.

3. Konsultasi berdasarkan pengalaman

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 3

Photo Credit: oaklandneuropsych

Selain itu, jika kamu memiliki keluarga, teman, atau orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menjalani perkuliahan. Kamu bisa tanyakan kebingunganmu kepada mereka. Tanyakanlah hal-hal mengenai perkuliahan dari bagaimana mereka memilih jurusan sampai kepada prospek pekerjaan setelah lulus.

4. Pertimbangkan masa depan

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 4

Photo Credit: timeshighereducation

Karena menjalani perkuliahan merupakan bekal sebelum memulai awal dunia pekerjaan, maka dari itu perlu sekali kamu menyadari situasi saat ini. Tentukan jurusan yang akan berguna dan terpakai setelah kamu lulus nanti, yaitu empat tahun kemudian, dilihat dari keadaan saat ini. Perhatikan dari segi lokal, nasional, hingga internasional.

5. Berkomitmen

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 5

Photo Credit: udemy

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah seberapa jauhkah komitmen kamu dalam menjalani perkuliahan di jurusan tersebut? Apakah kamu rela mengorbankan waktu empat tahun untuk mempelajari ilmu tersebut? Pastikan kamu benar-benar siap dan memiliki komitmen yang kuat.

6. Cek ketentuan passing grade

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 6

Photo Credit: friendshipmanpower

Setiap jurusan memiliki passing grade yang berbeda-beda menurut tingkatnya masing-masing. Selain itu persentase untuk bisa masuk jurusan terbaik di tempat kuliah terbaik itu kecil karena tingkat peminatnya dan saingannya yang tinggi. Maka dari itu kamu harus berusaha mendapatkan hasil terbaik agar masuk dalam ketentuan passing grade jurusan tersebut.

7. Biaya

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 7

Photo Credit: U.S. – Wall Street Journal

Hal penting lain yang perlu kamu perhatikan adalah biaya kuliah. Masuk perguruan tinggi butuh biaya yang besar. Jika kamu masih dibiayai orang tua, pilihlah benar-benar jurusan yang tepat sehingga biaya yang dikeluarkan orang tua mu tidak sia-sia. Selain itu, jika kamu mau membantu membiayai perkuliahan dengan usahamu, kamu bisa berusaha mendapatkan beasiswa.

8. Persiapkan alternatif lain

Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah. Kamu yang Masih Bingung, Ikuti 8 Panduan Ini! 8

Photo Credit: unitychurchofpracticalchristianity

Jika ada beberapa pertimbangan lain sehingga kamu tidak bisa masuk di jurusan kuliah atau universitas tertentu, siapkan beberapa alternatif lain. Mungkin kamu bisa memilih universitas atau jurusan lain, atau menunda perkuliahan di tahun depan. Alternatif ini membantu kamu untuk lebih mempersiapkan dan membuka peluang lain yang mungkin tidak kamu sadari.

Demikian cara dan hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan jurusan. Perhatikan segala hal di sekelilingmu dan pendapat orang-orang di sekitar kamu karena mereka juga bisa memengaruhi keputusan kamu. Jangan sampai kamu salah memilih!