Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Melamar Beasiswa Penuh

Ada anggapan, bahwa seseorang yang mendapat beasiswa penuh alias full scholarship adalah orang yang betul-betul cerdas. Padahal, untuk mendapatkan beasiswa penuh ke luar negeri enggak sesulit yang kamu kira jika kamu punya niat yang kuat. Buang jauh-jauh, deh, stigma harus jenius untuk mendapat beasiswa.

Lalu, apa saja, sih, yang dibutuhkan agar bisa kuliah ke luar negeri dengan full scholarship dan enggak membebankan biaya pendidikan serta kehidupan sehari-hari ke orangtua? Dilansir CBS , seenggaknya ada 5 tips yang bisa kamu lakukan.

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Melamar Beasiswa Penuh 1

Nilai akademis dan esai yang baik saja, enggak cukup untuk menunjukkan bahwa kamu layak mendapatkan beasiswa penuh untuk jenjang magister. Rekam jejak kamu juga harus 'bersih'.

Para pemberi beasiswa biasanya juga menelaah lewat akun media sosialmu. Jadi, sebelum mengajukan beasiswa, ada baiknya kamu hapus hal-hal yang sifatnya privat dari akun media sosialmu, seperti postingan kamu berantem sama temanmu atau foto selfie di Instagram dengan caption yang enggak etis dibaca orang lain di luar lingkaran pergaulanmu.

Beasiswa penuh atau full scholarship, enggak selalu bisa dengan mudah kamu temukan lewat search engine yang umumnya dipakai. Untuk itu, kamu bisa mengunjungi situs-situs seperti FastWeb, Kaarme.com, Scholaships.com, College Board atau COLLEGEData supaya memudahkan mencari beasiswa penuh yang sesuai dengan kriteria.

Meski terdengar sepele, tapi hal satu ini penting, lho. Jika kamu masih pakai alamat e-mail dengan istilah atau julukan aneh yang sulit dibaca, lebih baik kamu ganti dengan nama aslimu saja agar terlihat lebih proper dan professional.

Banyak situs yang bisa kamu temukan lewat search engine khusus untuk tahu seberapa besar kemungkinan kamu diterima dan masuk ke universitas yang dituju. Seenggaknya, kamu bisa punya gambaran soal daya tampung dan persentase penerimaan.

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Melamar Beasiswa Penuh 2

Untuk bisa lulus dan mendapat beasiswa penuh, kamu juga wajib memperlihatkan kesungguhan kamu. Enggak cuma dalam bidang keilmuan yang akan kamu ambil nantinya, tapi juga bisa terlihat dalam bagaimana kamu mengerjakan personal essay.

Personal essay ini adalah salah satu cara kamu merepresentasikan dirimu ke hadapan para pemberi beasiswa. Jadi, berikan kesan yang baik dan tunjukkan kalau kamu mengerjakannya dengan sepenuh hati.

Selamat mencoba!

Penulis: Stefanny Tjayadi