Mengapa Kita Perlu Melanjutkan Studi?

“Pendidikan merupakan senjata yang ampuh untuk mengubah dunia.”- Nelson Mandela.

Pendidikan merupakan investasi yang manfaatnya dapat dirasakan dalam.jangka panjang, baik untuk diri sendiri maupun orang banyak. Dengan pendidikan, seseorang dapat memperluas peluang kesuksesannya, mengambil peran di tengah-tengah masyarakat, dan bahkan mengubah dunia menjadi lebih baik.Negara-negara maju, yang unggul dalam bidang ekonomi dan teknologi, sudah pasti memiliki banyak sumber daya manusia terdidik. Melalui LPDP, sekarang pun pemerintah Indonesia mulai berfokus untuk melakukan upaya peningkatan SDM terdidik, khususnya dalam mempersiapkan calon pemimpin dan profesional muda melalui program beasiswa studi janjut S2 (magister) dan S3 (doktor), Minat dan antusiasme generasi muda untuk melanjutkan studi pun semakin meningkat setiap tahun. Hal itu, dapat dilihat dari bertambahnya jumlah pelamar dan penerima beasiswa, termasuk beasiswa LPDP – beasiswa yang sekr/ang paling banyak diincar untuk program S2 atau S3, baik untuk studi lanjut ke dalam atau luar negeri.

Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa seseorang perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain untuk mempertajam ilmu dan .kemampuan akademiknya, seseorang juga dapat mempemperluas koneksi serta bereksplorasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan wawasan dan perspektif baru, apalagi, jika melanjutkan studi di kota atau negara lain yang kondisinya sangat berbeda. Sederhananya, bersekolah lagi artinya bermain sambil belajar, saat seseorang mengalami momen yang lebih berkualitas dalam hidupnya. Karena pada saat yang sama dia dapat mengasah ilmunya, mendapat teman baru, bertualang dan melihat budaya lain (jika berkuliah di kota atau negara lain), serta memperoleh sebuah pengakuan (dengan bertambahnya gelar ketika lulus).

Dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya, sese­orang berarti memiliki motivasi besar dalam hidupnya. Dia tidak puas hanya dengan menjadi dirinya yang sekarang, tetapi ingin menjadi dirinya yang lebih baik lagi. Dia tidak berhenti mengembangkan dan memperbaiki diri supaya lebih bermanfaat.