If you want to share and earn points please login first

Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Program Erasmus Mundus Leaders

Ada banyak program beasiswa buat kamu yang pengin kuliah S1, lanjut kuliah S2, atau S3 di luar negeri. Salah satu program beasiswa itu adalah Erasmus Mundus Leaders.

Beasiswa Erasmus Mundus Leaders merupakan program beasiswa untuk kuliah, melakukan riset, pelatihan, atau mengajar di salah satu universitas pilihan.

Program beasiswa ini buat mahasiswa, peneliti, dan staf akademik atau administratif, yang berasal dari salah satu negara di Uni Eropa, Asia Selatan, serta Asia Tenggara.

Lebih lanjutnya, berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui soal beasiswa Erasmus Mundus Leaders, dikutip dari laman European Higher Education Fair .

Bidang ilmu

Beasiswa ini fokus kepada beberapa bidang. Mulai dari Elektrikal, Teknik Elektro, Teknologi Informasi Komunikasi, Fotonika (ilmu tentang optik), Teknik Biomedikal, Teknik Komputer, Sistem Tenaga dan Energi, sampai Informatika.

Universitas

Terdapat 22 universitas yang bekerja sama di program beasiswa ini. Di antaranya, yakni tujuh universitas di Uni Eropa. Ada University of London di Inggris, Politecnico Di Milano di Italia, Technische Universtaet Dortmund di Jerman, Universidade do Porto di Portugal, University of Limerick di Irlandia, University of Oradea di Rumania, dan Frederick University di Republik Siprus.

Siapa yang bisa mendaftar program beasiswa ini?

Harus menjadi warga negara dari negara-negara yang terlibat dalam program beasiswa ini. Mulai dari warga negara Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, India, Indonesia, Malaysia, Maladewa, Filipina, Thailand, Cina, Korea Utara, dan warga negara Eropa.

Selain itu, calon pendaftar beasiswa juga harus masuk ke dalam salah satu dari tiga target grup berikut ini.

Target grup yang pertama adalah mahasiswa di universitas yang bermitra dengan beasiswa Erasmus Mundus Leaders. Di Indonesia, universitas yang bekerja sama adalah Universitas Pelita Harapan.

Target grup yang kedua adalah mahasiswa yang jadi warga negara dari negara yang terlibat dalam beasiswa ini.

Target grup ketiga adalah warga negara yang berada dalam situasi sosial atau politik yang sulit. Seperti pengungsi, yatim piatu, orang-orang yang tinggal di daerah terpencil, dan sebagainya.

Pastikan kamu masuk ke dalam salah satu kategori itu, ya!

Persiapan beasiswa

Perlu diingat bahwa semua dokumen pendaftaran harus dilampirkan dalam bahasa Inggris, atau memiliki terjemahan bahasa Inggris.

Pada salah satu dokumen pendaftaran yang harus persiapkan terdapat Learning Agreement dan Activity Plan . Ke-2 hal ini kurang lebih sama, yaitu rencana studi selama belajar di universitas tersebut dan hal apa yang ingin diperoleh selama ikut beasiswa.

Kamu juga bisa mendaftar di dua universitas sekaligus. Asalkan, telah memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan yang diberikan oleh ke-2 universitas tersebut.

Benefit beasiswa

Beasiswa Erasmus Mundus Leaders akan memberikan biaya studi bulanan sebesar 1.000 euro atau Rp 15,6 juta untuk mahasiswa sarjana dan master, 1.500 euro atau Rp 23,4 juta untuk mahasiswa doktoral, 1.800 euro atau Rp 28 juta untuk pascadoktoral, dan 2.500 euro atau Rp 39 juta untuk staf.

Benefit dari beasiswa ini termasuk juga, asuransi, biaya perjalanan pergi dan pulang, serta biaya kuliah di universitas yang dipilih.

If you want to share and earn points please login first