Tips Persiapan Kuliah ke Irlandia, Bisa Dapat Beasiswa Juga

– Setelah memasuki Sekolah Menengah Atas, umumnya anak-anak akan bermimpi untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Beberapa negara seperti Inggris, Amerika, Australia hingga Jerman sering dijadikan pilihan.

Negara tetangga Inggris, Irlandia juga bisa menjadi pilihan oke untuk kuliah di luar negeri. Sebab, negara asal dari boyband yang hits di era 90 an Westlife ini menduduki peringkat sembilan terbaik di dunia. Beberapa jurusan seperti Kedokteran, Sains dan Informasi Teknologi menjadi jurusan yang paling top di sana.

Jika Anda memang tertarik untuk menempuh pendidikan di sana, ada baiknya melakukan persiapan sedini mungkin. Education Consultan Study in Ireland, Yenny K Sofian menjelaskan, siswa yang memilih Irlandia sebagai tempat menimba ilmu sudah harus mempersiapkan bahasa Inggris dengan baik.

"Dari kelas sebelas sudah memupuk kepada siswa untuk IELTS atau TOEFL. Untuk IELTS itu 6,0 ada yang minta 5,5, tapi saya minta avarage saja 6,0," kata Yenny kepada saat ditemui dalam acara pre departure briefing di Kediaman Duta Besar Irlandia di Jakarta Selatan, Selasa 17 Juli 2018.

Tips Persiapan Kuliah ke Irlandia, Bisa Dapat Beasiswa Juga 1

Bukan hanya itu saja, mereka juga meminta agar calon mahasiswa sebelum masuk universitas harus tahu jurusan apa yang ingin dipilih. Sebab kata dia, pendidikan tinggi di Irlandia sangat spesifik. Sebagai contoh, ketika Anda ingin memilih jurusan bisnis, apa yang ingin Anda pilih. Apakah akuntan keuangan atau marketing dan lain-lain.

"Karena di tahun pertama pembelajaran mereka sudah spesifik," katanya.

Bagi siswa yang ingin mendapatkan keringanan biaya pendidikan di sana, universitas di Irlandia juga memiliki beberapa program beasiswa. Meskipun, lanjut dia beasiswa itu tidak 100 persen alias gratis. Misalnya ketika Anda memiliki nilai akhir SMA 75 akan mendapatkan potongan biaya pendidikan sebesar 1.500 euro atau setara dengan Rp25,3 juta per tahun.

Tips Persiapan Kuliah ke Irlandia, Bisa Dapat Beasiswa Juga 2

Bisa juga dalam bentuk dengan nilai sekian dapat free tempat tinggal. Sehingga selama satu tahun pendidikan di sana, para siswa tidak perlu membayar tempat tinggal.

Sedangkan untuk mahasiswa S2 yang ingin melanjutkan pendidikan di Irlandia dan ingin mendapatkan beasiswa juga bisa. Yenny menyebut, mahasiswa S2 bisa mendapatkan potongan biaya sekolah misalnya 20 hingga 50 persen setahun. Dengan syarat memberikan essai atau dengan nilai IPK, itu semua bergantung dari pihak universitas.